Tips Tokcer Mengusir Kesepian

Konon katanya, satu hal yang lebih mengerikan ketimbang amarah adalah kesepian. Amarah membuat seseorang mampu membunuh orang lain, namun kesepian sanggup membuat seseorang membunuh dirinya sendiri.

“Mampus kau dikoyak-koyak sepi,” begitu kata Chairil Anwar.

Kesepian, memang sesuatu yang tentu saja mengerikan. Banyak orang rela melakukan apa saja, menghabiskan uang berapa saja, semata demi terhindar dari kesepian.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika suatu saat Anda dilanda rasa kesepian yang teramat sangat.

Ikuti kegiatan-kegiatan yang menjanjikan keramaian.

Banyak kegiatan-kegiatan yang sebenarnya selalu diikuti oleh banyak orang. Kegiatan-kegiatan inilah yang mungkin bisa Anda manfaatkan untuk mengusir kesepian. Dari mulai sholat jumat, pawai partai politik, ikut syuting film kolosal , sampai demo aksi bela ulama.

Pahami bahwa sejatinya Anda adalah makhluk yang tak pernah sendiri.

Ini cukup simpel dan sederhana. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Shai Fuchs, Ron Milo dan Ron Sender dari Weizmann Institute of Science menemukan bahwa jumlah bakteri yang bersarang di dalam tubuh manusia adalah sebanyak 40 triliun. Ini tentu sebuah fakta yang cukup menyedihkan namun juga cukup menyenangkan. Menyedihkan karena ternyata tubuh manusia adalah tempat bakteri tumbuh subur, namun fakta ini juga cukup menyenangkan, sebab manusia sejatinya adalah makhluk yang tak pernah sendiri. Hal ini menyadarkan kita, jika suatu saat kita merasa sendiri, ingatlah, ada 40 triliun nyawa yang menemani hidup kita, sehingga betapa tidak tahu dirinya kita jika masih saja merasa sendiri.

Berbagi kesendirian kita dengan makhluk lain.

Coba bayangkan, malam hari yang kelam, Anda duduk sendirian di kamar kost, kawan-kawan yang lain sedang pulang kampung, tak ada kawan yang bisa diajak bicara, hening, sunyi, senyap.

Nah, pada titik ini, ada satu hal yang bisa Anda lakukan agar Anda tak merasa sendiri. Caranya sangat mudah. Rebahkan tubuh di kasur, matikan lampu, keluarkan ponsel Anda, buka youtube, dan setel lagu lingsir wengi.

Sungguh, tak sampai dua menit, Anda langsung tidak akan merasa sendiri.
Share: