Bagaimana Menentukan Tema Blog

Terinspirasi dari blog-blog yang sudah sukes dengan banyak pengunjung, mungkin itu adalah salah satu alasan seseorang ingin juga memulai blogging, atau mungkin ada alas an lain seperti ingin berbagi lewat tulisan yang di posting di blog atau sekedar mengeksresikan diri dan pemikiran.

Namun, bagi para blogger pemula yang baru saja berniat untuk membuat blog dan memulai aktivitas blogging sering di hadapkan dengan berbagai masalah seperti bingung dan tidak tahu harus mulai dari mana. Di artikel sebelumnya sudah di jelaskan bahwa blogger pemula harus menentukan tema untuk blog yang akan di buat sehingga akan lebih spesifik dan jelas.

Selanjutnya, biasanya tema juga menjadi masalah bagi blogger pemula karena merasa bingung harus mengambil tema apa. Karena itu, untuk membuat anda para calon blogger lebih mudah mementukan dan memilih tema apa yang akan diambil, berikut yang harus dilakukan dan dipertimbangkan saat memilih tema blog.

Pilih tema yang sangat anda kuasai juga sukai

Pertama, dalam memilih tema yang akan anda gunakan sebagai tema blog sebaiknya anda memilihnya berdasarkan hal yang anda kuasai dan sukai. Ini menjadi sangat penting karena akan menentukan postingan anda nantinya dan kulaitas dari artikel yang anda posting. Sesuatu yang dikuasai biasanya akan lebih mudah dikerjakan dan hasil yang di dapat juga akan bagus karena tidak ada hal yang fiktif dari apa yan anda tulis. Itu semua murni dari apa yang anda ketahui dan kuasai. Ini juga akan memudahkan anda dalam menentukan tema setiap postingan serta judul setiap artikel yang anda posting. Bukankah lebih terasa mudah jika anda sudah mengetahui suatu hal dan menuangkannya?

Kemudian selain memlih tema yang anda kuasai, penting juga memilih tema yang anda sukai. Ini akan membuat anda lebih semangat dalam menjalankan blog tersebut karena daoat berbagi hal yang anda suka dengan orang lain. Selain itu juga, karena ini hal yang anda sukai, kemungkinan untuk merasakan kejenuhan terhadap artikel yang anda posting akan menjadi berkurang.

Lihat kebutuhan pengunjung

Selanjutnya, anda harus melakukan research, penelitian kecil tentang artikel atau topic artikel yang banyak di cari oleh pencari informasi di internet atau para pengunjung blog. Ini akan membantu anda dalam memilih tema yang tepat untuk aktivitas blogging anda. Selan itu, memilih tema dan topik yang banyak di cari juga memungkinkan blog anda untuk mendapatkan kunjungan yang ramai karena informasi yang dibutuhkan terdapat di blog anda.

Memang akan terdapat banyak tema yang sering di cari anda dapat memilih salah satu atau beberapa pilihan tema tersebut, tentunya dengan menyesuaikan pilihan tema tersebut dengan tema yang anda sukai dan kuasai. Meskipun demikian, anda harus menghindari tema yang global dan lebih memilih memposting artikel yang spesifik membahas setiap sub tema dari tema utama blog anda. Memposting artikel yan umum tidak akan menarik minat pengunjung karena artikel dengan tema umum yang serupa juga akan mudah ditemukan di blog lain.

Fokuskan tema

Selanjutnya, mungkin anda memiliki berbagai alternatif tema yang anda kuasai dan sukai. Meskipun demikian tidak mungkin anda memilih banyak tema untuk di blog anda. Memang banyak tema memungkinkan kunjungan ramai karena pengunjung akan menemukan berbagai tema artikel hanya dalam satu blog. Namun hal tersebut tidak selalu berarti baik dan menguntungkan karena kemungkinan besar nantinya setipa artikel yang di posting hanya bersifat global dari setipa tema sedangkan pengunjung akan cepat bosan dengan artikel yang global karena akan mudah di temui di banyak blog. Karenanya membuat yang lebih spesifik dan detail akan menjadi lebih bermanfaat.

Bagaimana cara memfokuskan tema dari list tema anda? Pertama cari passion anda sehingga penentuan tema nya akan lebih mudah. Anda juga dapat meneysuaikannya dengan hobi anda untuk mempermudah memilih tema yang sesuai. Setelah itu sesuaikan pula dengan kebutuhan informasi yang banyak di cari tahu. Sehingga anda dapat menggabungkan dan menemukan tema yang pas bagi anda dan pengunjung untuk dijadikan tema blog.
Share: