Tips Blogging untuk Pemula

Blogging mulai muncul pada tahun 1990 dan hingga sekarang terus berkembang. Blog tumbuh menjadi media untuk menyampaikan berbagai informasi dan menyalurkan hobi, terutama hobi menulis. ia menjadi sarana yang pas dan tepat dimana seseorang dapat mencurahkan apa yang sedang ia pikirkan.

Belakangan, blog juga marak digunakan sebagai sarana pencari uang, mulai dari pemasangan iklan online, hingga sebagai lapak jualan.

Hal ini membuat banyak orang yang tertarik untuk membuat blog. Sayangnya, banyak yang kemudian hanya sekadar membuat blog, namun kemudian menganggurkannya, alasannya karena bingung dengan bagaimana cara mengawali aktivitas blog, serta bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog secara signifikan.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips ngeblog untuk pemula yang mungkin layak untuk anda perhatikan.

Tulislah apa yang anda sukai

Pertama, anda harus menentukan tema keseluruhan dalam blog anda dan apa saja topik global yang nantinya akan dibuat spesifik. Dalam pemilihan tema dari blog dan tipe tulisan artikel apa yang akan anda buat, sebaiknya anda menulis hal yang anda sukai dan pahami. Misalkan karena anda seorang mahasiswa dari jurusan arstitektur atau interior design maka anda memilih untuk menulis tips-tips untuk interior design dan sebagainya. Tentunya itu tergantung kepada pilihan anda.

Buat konten bagus dalam blog

Kedua, konten yang bagus dan menarik biasanya banyak di minati. Konten yang bagus dan menarik adalah kunci untuk membuta blog anda menjadi lebih hidup dan banyak diminati. Terlebih lagi apabila pengunjung merasa isi blog sangat bermanfaat dan memang di perlukan. Penulisan yang menarik dan berkualitas juga menjadikan konten blog menjadi lebih bagus dan menarik. Biasanya apabila kontennya bagus maka pengunjung akan berkunjung lagi ke blog tersebut karena merasa sudah percaya terhadap konten yang disajikan.

Buat jaringan yang baik

Selanjutnya, ialah membuat jaringan yang baik. Jaringan disini maksudnya teman. Anda dapt mengikuti beberapa blog yang menurut anda menarik dan akan bermanfaat untuk blog anda. Membuat komen yang bagus dan bermanfaat sehingga blog yang lain juga merespon dan respek terhadap anda. Selain itu, menanggapi komentar yang ada pada blog anda juga merupakan salah satu cara agar dapt membangun jaringan dan memperbanyak teman sehingga mereka akan kembali lagi berkunjung ke blog.

Ciptakan format blog yang menarik

Kemudian, salah satu hal yang penting untuk menarik banyak perhatian dan membuat blog anda ramai pengunjung ialah dengan membuat format blog yang menarik tentunya tampilan blog yan menarik akan menarik minat pengunjung dan selalu ingin datang lagi untuk melihat tampilan tersebut ataupun menantikan format tampilan lainnya yang lebih menarik. Desain yang berbeda dari orang lain dan unik mungkin akan lebih menarik apa lagi jika tampilannya mendeskripsikan blog anda dengan sangat baik.

Itulah beberapa tips untuk anda para blogger pemula untuk memulai menjalankan blogging dan mempertahankan blog tersebut agar tetap eksis dalam waktu yang lama.
Share: