Online Digital Marketing untuk Start-up UMKM

Pemasaran, mungkin itulah salah satu momok paling menakutkan sekaligus merupakan tantangan besar bagi Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM), khususnya yang masih berlabel start-up, karena banyak sekali UMKM berlabel start-up yang belum memiliki basis pelanggan yang mapan atau komunitas pendukung di sekitar mereka.

Disinilah peran sebuah strategi pemasaran, kenapa? karena seburuk apapun kondisi sebuah start-up UMKM, tapi jika dibalut dengan strategi pemasaran yang baik, maka perlahan namun pasti, UMKM tersebut akan menujukkan peningkatan yang signifikan dalam hal pemasaran, yang tentunya akan berpengaruh langsung kepada usaha secara keseluruhan.

Dan jika melihat kondisi perkembangan yang sudah serba canggih ini, nampaknya strategi Digital marketing adalah satu-satunya strategi pemasaran yang realistis dan bijak.

APA ITU DIGITAL MARKETING

Sebelum melangkah lebih jauh ke bab berikutnya, rasanya tak ada salahnya jika kita bahas dulu, apaitu digital marketing. Oke, Digital marketing adalah suatu tindakan atau praktek dalan memperkenalkan produk atau jasa melalui device digital seperti Komputer, tablet, Handphone, dll guna mendapatkan perhatian dari para konsumen dengan cara yang relevan.

MENGAPA DIGITAL MARKETING

Dulu saat masih SMP dan baru beberapa bulan saya mengenal mata pelajaran ekonomi, saya didoktrin oleh salah satu buku paket Ekonomi untuk mengetahui satu hal, bahwasannya strategi pemasaran yang terbaik adalah strategi pemasaran dari mulut ke mulut. Doktrin tersebut untuk ukuran masa itu, mungkin tak terbantahkan, tapi untuk masa sekarang?, rasanya buku paket tersebut harus dikoreksi (itupun jika masih beredar). Mengapa? karena sekarang strategi pemasaran dari mulut ke mulut ini terasa sebagai strategi pemasaran yang terkesan konvensional dan kurang mengena serta jauh dari kata efektif (walaupun beberapa perusahaan besar masih aktif menjadikan strategi ini sebagai strategi utama pemasaranannya). Kalo begitu, strategi pemasaran apa yang paling efektif untuk sekarang ini? tak lain dan tak bukan adalah Digital marketing.

Mengapa? Anda tentu lihat betapa di jaman sekarang, hampir semua orang cenderung menuju ke arah yang digital. Anda tentu sadar betapa surat pos kini sudah tergantikan superioritasnya oleh SMS, Wesel pos sudah kalah perkasa oleh ATM Banking, dan Majalah serta koran juga sudah mulai tergerus oleh E-magazine,dan Internet.

Hal itu tentu sudah lebih dari cukup untuk membuktikan bahwa Digital marketing adalah strategi pemasaran yang ampuh dan mumpuni untuk diterapkan di masa kini. Lagipula, Kecenderungan orang berpindah ke digital ini tentunya juga harus diikuti dengan perubahan strategi marketing menuju arah yang cenderung digital pula.

Dan satu hal lagi yang paling penting, Digital marketing bukan monopoli perusahaan besar, semua usaha mampu menjalankannya. Baik itu usaha skala Internasional, sampai usaha UMKM sekalipun. Itulah mengapa saya sangat menganjurkan para perintis usaha UMKM untuk menjadikan Digital marketing sebagai strategi pemasarannya.

DIGITAL MARKETING BERBASIS INTERNET, MURAH MERAKYAT

Memasang iklan di TV boleh dibilang merupakan salah satu teknik digital marketing, dan anda tahu, pasang iklan TV tidaklah murah, karena biayanya bisa mencapai jutaan rupiah untuk tiap menitnya (apalagi saat jam prime time). Jadi kesimpulannya adalah, tidak semua digital marketing itu murah.

Kalo memang tidak semua digital marketing itu murah, kenapa strategi marketing ini dianggap yang paling cocok dengan kantong start-up UMKM? Lho, kan saya bilang tidak semua, jadinya pasti ada pengecualian. Ada kok teknik digital marketing yang murah, salah satunya adalah teknik Digital Marketing berbasis Internet (Online Marketing).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxeBdgQxlhrl3htF1C0Smd1wN2bEFS4flxJf-CmHQXR4_or5UT8K7U3Q52l4CAqtb-_PW349JbQCGNOFA0EN6o2CbTFDaMXsH61iXVedaZ4dqVEw7KgSLMR8ww_gTp2Lm-U5W3vetqMZc/s1600/4.jpg

Mengapa saya katakan murah, karena strategi pemasaran yang satu ini hanya memerlukan modal yang sedikit, yaitu biaya akses internet, modal iklan (optional), dan juga waktu pengoperasian.

Dan selain murah, teknik Online Digital Marketing juga mudah dipraktekkan oleh banyak orang. Hanya butuh sedikit pengetahuan tentang internet dan sosial media, terutama blog dan facebook.

APA SAJA SIH ONLINE MARKETING ITU?

Pada dasarnya, Semua jenis online marketing itupunya cara kerja yang sama, yaitu menjual produk lewat internet. Hanya saja, banyak sekali teknik yang dipakai dalam online marketing, apa saja? ini dia

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_G0N6yr55ZCOg7XIDXJQ-OGVcTq9HMECl4_CT1uS6oxGC8KmzsSJGqW7RBaYxhyphenhypheny4qmEI-utUm7lFr-jNjaP2-EsEm52tANd-ErAHGYzwlevXpxTorLxLdwyM-SveqZfmLieP7hWI2y0/s1600/1.jpg

Masing masing teknik tentu mempunyai banyak keunggulan dan kekurangan. terutama jka dilihat dari segi waktu yang dibutuhkan, serta tingkat keefektivitasannya. Oke, karena saya adalah makhluk yang baik hati dan tidak sombong, maka akan saya sertakan sedikit perbandingan berbagai teknik online marketing ditinjau dari segi waktu yang dibutuhkan.

Monggo dinikmati.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjI_7NO9xPq5My27rM1toAFpDA7WnaQgD6MWXNaIzmE4oSCJLua9Ic208AMB6Rc9CTdqJKGfbD6drHFuL74IHGnl4nDO8GoqQUwpGgX8wUvIa-K1ml0NAFhhTsQFK4MvPz6jwhmkMDoWcs/s1600/2.jpg

Lalu, mana yang cocok untuk usaha saya? ya kalo itu tergantung anda. Jika anda memang ingin memasarkan barang sambil membangun komunitas atau jaringan, maka Facebook bisa dijadikan sebagai pilihan utama. Atau jika anda ingin menjual produk anda secara instan dan cepat, maka anda perlu mencoba program Daily deals, atau iklan online yang tentunya mebutuhkan biaya. Namun jika anda ingin mampu menjual produk anda dengan biaya yang terbatas, maka anda saya sarankan untuk mencoba teknik video online (youtube) ataupun optimasi SEO.

Intinya, semua teknik itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

KEUNGGULAN ONLINE MARKETING

Dilihat dari berbagai sisi, Online Digital marketing memang mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan strategi marketing lainya. Dan berikut ini adalah beberapa keunggulan dari Digital Marketing
  1. Memiliki kemampuan untuk membentuk komunitas sekaligus prospek konsumen dalam kurun waktu singkat
  2. Kesempatan untuk berhubungan dengan jutaan pengguna Internet
  3. Kemampuan untuk menciptakan personal branding yang cepat serta pencitraan kesan yang baik
  4. Menawarkan tingkat konversi yang lebih tinggi
  5. Bisa beroperasi 24 jam non stop
  6. Murah bila dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya
  7. Mempunyai aksesibilitas yang tinggi
  8. Tidak memerlukan komitmen jangka panjang
  9. Output pemasaran digital dapat dilacak serta sangat komprehensif
  10. Perubahan produk dapat diterapkan dengan cepat dan mudah
Adapun pola sederhana tentang pemasaran dengan Online marketing adalah sebagai berikut :

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjig_3ZoXUsKQ3744vIACeB2RFsTE1qSZvklznzOpc2Nx-B2rSvA7tP0bzcw5ScjsNrUdOba7WJ6SAHRqw-uOvqoYU1JAN_zZajMRDgXw2GQQwOVq1T3bLD7is1jlGPAtim0eli18A8Wgk/s500/3.jpg

Dari infografik di atas, bisa kita ketahui bahwasanya online digital marketing mempunyai tingkat keefektifan yang lebih besar dalam pemasaran, karena langsung mengacu kepada kebutuhan calon customer akan barang dan jasa.

START-UP UMKM PLUS ONLINE MARKETING = DAHSYAT

Sebelum era milenium, mungkin banyak masyarakat kita yang memilih metode belanja yang konvensional, alisa datang langsung ke lapak penjual, memilih barang, kemudian membelinya. Tapi seiring dengan perkembangan jaman, dan makin populernya internet, membuat kebiasaan ini makin tergerus. Hal ini karena sudah ada cara yang lebih praktis untuk berbelanja, yaitu lewat toko online. Uang cukup ditransfer lewat rekening, dan Barang akan diantar langsung ke tempat tujuan.

Inilah yang disebut sebagai era pemasaran online. Dan nampaknya teknik pemasaran inilah yang paling cocok digunakan oleh para pelaku usaha terutama start-up UMKM. Bayangkan saja, para pelaku usaha tak perlu membeli atau menyewa lahan sebagai lapak atau toko, mereka cukup menyediakan barang atau jasa dan memajangnya di Toko online.

Manajemen yang mudah dan bisa beroperasi 24 jam non stop, serta jangkauan pelanggan yang luas membuat banyak orang beralih kepada strategi online marketing untuk memasarkan produknya.

Bahkan, Tidak sedikit dari mereka yang mampu menghasilkan omset jutaan sampai ratusan rupiah rupiah per bulannya. Salah satunya adalah Rony Anggono Oktavianto, pria yang menekuni usaha penjualan boneka secara online ini dalam satu bulan bisa meraup penghasilan mencapai 50 juta rupiah.

Lain Rony, lain pula dengan Edi, Pria bernama lengkap Edi Kurniawan ini mampu meraup omset rata-rata 100 juta rupiah tiap bulannya hanya dengan menjual perlengkapan bayi lewat toko online yang dia punya.

Ampuhnya online marketing ini juga pernah saya buktikan sendiri, dengan sebuah blog gratisan yang saya ubah menjadi toko online, saya menjual kaos yang saya dapat dari produsen di jakarta (reseller), dalam satu bulan, saya bisa menjual rata-rata sampai 10 Kaos (jumlah yang besar menurut saya karena saya jarang sekali promosi).

Jadi tak diragukan lagi bahwa Online marketing sangat cocok untuk diterapkan pada start-up UMKM

BAGAIMANA MEMULAINYA

Dari tadi saya mbahas tentang tetek benget Online Marketing, maka belum lengkap rasanya kalo saya belum membahas tentang bagaimana caranya memulai Online marketing untuk usaha start-up UMKM.

Dan menurut saya, setidaknya ada 5 langkah utama yang perlu dilaksanakan untuk menuju kesuksesan di dunia Online Marketing, yaitu:

1. Buatlah media Online
Tak mungkin bisa memasarkan produk di internet jika anda tak mempunyai media online, mulailah dengan membuat media promosi online sederhana, mulai dari facebook, twitter, blog, dan juga social media lainnya, sambil terus belajar untuk membuat media online yang lebih rumit dan lebih kompleks.

2. Promosikan produk anda
Berusahalah untuk mempromosikan produk anda lewat berbagai cara yang bisa anda lakukan di internet, seperti blogwalking, membangun backlink, promosi di forum online, atau bahkan kalo perlu, keluarkanlah sedikit modal untuk memasang iklan di Internet.

3. Optimasi SEO
Maksimalkanlan nilai SEO pada toko online anda, jika anda belum mengerti tentang SEO, anda bisa berkonsultasi dengan para pakar SEO, atau bahkan mungkin menyewa Master SEO untuk mengoptimasi toko online anda.

4. Ciptakan Branding yang baik
Pencitraan atau branding adalah hal yang penting, terutama di dunia maya. karena itulah anda perlu membuat pencitraan yang baik pada perusahaan online anda. Berusahalah untuk tetap merebut simpati para pelanggan anda dan jangan sekali-kali buat pelangan anda kecewa.

5. Buat Komunitas atau jaringan
Buatlah komunitas atau jaringan (Fans) mengenai produk anda atau toko online anda. Jaringan yang kuat akan memantapkan nilai bisnis anda dan akan berpengaruh langsung pada omset usaha anda.

Bagaimana? cukup sederhana bukan?

AYO MAS MBAK, GUNAKAN ONLINE MARKETING

Setelah mengetahui betapa dahsyatnya dan betapa hebatnya online marketing, maka, sekaranglah saatnya bagi anda, para pelaku start-up UMKM untuk segera menerapkan strategi marketing ini di usaha anda.

Ayo, mas mbak, kalo bukan sekarang, kapan lagi?

NB : Gambar no 1 dan 2 ngambil dari :  www.jeffkorhan.com
Share: