Mengenang Indostats, Layanan web analitik Indonesia

Di akun blogger kita sekarang ini, kita bisa melihat dengan jelas statistik dan analitik blog kita, diantaranya adalah jumlah pengunjung, jumlah readview post, traffic post, keyword yang masuk ke blog kita, sampai persebaran pengunjung. Semuanya mampu ditampilkan dengan lengkap, terpadu, real time, dan juga akurat



Tapi ternyata, Fasilitas analitik web yang lengkap seperti yang saya terangkan di atas itu tadi dulu tak bisa dinikmati langsung pada blogger interface. Karena dulu sebelum tahun 2012, Blogger belum menyediakan menu Stats pada interface-nya, sehingga untuk bisa melihat statistik dan analitik web atau blog, para pemilik website harus menggunakan jasa pihak ketiga, diantaranya adalah GoStats, WebStats, StatCounter, Indostats, dan penyedian layanan analitik web lainnya.

Nah, diantaranya web-web penyedia layanan statistik dan analitik web yang banyak digunakan oleh para blogger, ada salah satu yang merupakan hasil anak negeri, alias lokal. Yaitu IndoStats yang beralamat di Indostats.com.

IndoStats ini muncul sekitar akhir tahun 2008 (kalau ndak slah bulan November atau Desember), bulan dan tanggalnya saya kurang tahu. Namun begitu dilaunching, IndoStats langsung mendapatkan banyak pengemar dan pengguna Indonesia, hal ini karena memang indostats dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan analisa web dan statistik bagi situs-situs Indonesia. layanan sistemnya pun murni menggunakan bahasa Indonesia.



Hampir dua tahun panuh Indostats melayani para pemilik blog Indonesia, selama hampir dua tahun itu pulalah IndoStats memberikan hasil analisa yang tajam dan akurat. Padahal Indostats sama sekali tidak menarik bayaran dari layanannya.

Namun entah mengapa, tanpa sebab yang jelas, pada bulan september 2010, IndoStats menghentikan layanannya, dan berhenti untuk menerima member baru. Dalam pengumuman dalam webnya, diberitahukan bahwa Tim Indostats sedang berbenah dan akan kembali menjalankan layanannya.



Tapi sampai tahun 2011, Indostats tak jua mengaktifkan kembali layanannya hingga pada akhirnya, bulan Agustus 2011, Website Indostats sudah tak aktif lagi.

Yah, memang, kini layanan analitik dan statistik web sudah bisa didapatkan dengan mudah, tapi tetap saja, indostats merupakan salah satu layanan terbaik yang pernah dimiliki oleh dunia perbloggeran Indonesia yang sudah ikut meramaikan atmosfer blogging di Indonesia. Kepada Admin indostats, semoga pahala dan kesuksesan mengalir pada diri anda.
Share: