Apakah Quote Termasuk Duplicate Content?

Selama empat tahun terakhir ini, Duplicate Content menjadi topik klasik yang tak terkikis untuk tetap menjadi pembahasan bagi para webmaster. Hal ini karena Duplicate Content menjadi salah satu indikasi google dalam menentukan kualitas sebuah web, terutama menyangkut masalah SEO. Maka tak heran jika kemudian banyak blogger yang sangat berhati-hati terhadap masalah yang satu ini.

Nah, menyangkut tentang Duplicate Content, ada satu pembahasan menarik yang patut untuk anda ketahui, yaitu tentang Quote. Seperti yang kita ketahui bahwasanya Quote di dalam postingan web maupun blog merupakan hasil copy paste yang bersumber dari web/blog lain. Nah, jikalau begitu, apakah Quote termasuk Duplicate Content?

Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, Matt Cutts, Kepala divisi webmaster di Google telah menjelaskannya dalam sebuah video berikut ini



Dalam video di atas, disebutkan bahwa Quotation content dalam web/blog tidak akan dianggap sebagai duplicate content, asalkan perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

Berada di dalam kode Quote. Untuk menuliskan quote, usahakan untuk menggunakan kode <blockquote> isi quote </blockquote>. Karena dengan begitu, mesin pencari benar-benar tahu bahwa konten tersebut merupakan sebuah quote. Kode quotation ini merupakan kode baku dalam semua CMS web.

Berikan sumber pada rujukan quote. Jika anda mengcopy satu atau beberapa paragraf dari web lain dan anda jadikan sebagai quote di blog anda, maka usahakan untuk menuliskan sumber rujukan quote anda (termasuk link-nya). Karena menurut Matt Cutts, Crawler google mampu mendeteksi kata-kata "sumber", "source", dan sejenisnya. Hal ini akan berpengaruh pada penilaian google terhadap web/blog anda.

Selubungi dengan konten asli. Jika dalam sebuah postingan terdapat quote dengan porsi sekitar 50 kata, maka setidaknya, di luar quote tersebut, anda harus menuliskan setidaknya beberapa ratus kata konten original buatan anda sendiri. Intinya, quote hanyalah pendukung konten, dan bukan pokok konten.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai Quote yang sudah diterangkan dengan sangat gamblang oleh Matt Cutts.

Jadi kesimpulannya, apakah Quote Termasuk Duplicate Content? tergantung bagaimana anda menggunakannya.
Share: