Ads=Wrapper, teknik meningkatkan earning adsense

Salah satu yang mempengaruhi pendapatan google adsense adalah penempatan iklan dan pengeditan template. Semakin strategis posisi iklan, maka akan semakin besar kemungkinan klik iklan adsense di blog kita. Dan dalam kesempatan ini, saya akan memberikan sedikit tips bagaimana caranya meningkatkan pendapatan google adsense dengan mempertimbangkan penempatan iklan yang strategis, yaitu dengan teknik yang saya sebut ads=wrapper.

Prinsip kerja teknik ini adalah menyamakan width wraper (content dan sidebar) dengan width slot adsense yang akan dipasang. Teknik ini sudah saya coba dan ternyata sangat ampuh dan manjur. Tadinya saya menggunakan teknik ads float, yaitu teknik menempatkan iklan adsense tepat dibawah judul postingan dengan diberi fungsi melayang, (Lihat contoh gambar). Dengan penempatan iklan melayang, jumlah klik pada blog saya sangat rendah, CTR selalu berada di bawah 1%.

Hingga akhirnya saya menemukan teknik yang baru ini (Ads=Wrapper), dengan teknik ini, CTR blog saya naik enjadi sekitar 1%-3%. Lalu kenapa taknik ini sangat manjur untuk meningkatkan pendapatan adsense? Karena pada dasarnya, blog yang templatenya menggunakan teknik ini hampir serupa website landing page (web promosi yang biasanya cuma satu kolom). Sehingga mau nggak mau, pembaa harus melihat iklan adsense kita walau barang sebentar.

Oke, langsung action. Untuk menggunakan teknik ads=wrapper, anda butuh template simple dengan 2 kolom. (Template yang saya gunakan dalam teknik ini adalah Inspiration), dan jenis unit iklan yang cocok untuk digunakan adalah Large Rectangle (336 x 280) dan Wide Skyscraper (160x600).

Baiklah, jika semuanya sudah siap, mari kita langsung beraksi mengedit templatenya. Tolong pahami baik-baik, mungkin ini akan agak membingungkan.

Sebagai contoh, mari kita edit template inspiration tadi. Di kode template Inspiration, akan ada lebar Container, outer wrapper, header wrapper, Content wrapper, dan sidebar wrapper. Untuk mengeditnya, kita hanya perlu mengubah nilai width komponen di atas dengan ketentuan :
  1. Ubah Width Content Wrapper dengan nilai 336px.
  2. Ubah Width Sidebar wrapper dengan nilai 160px.
  3. Ubah Width Container, outer wrapper, dan header wrapper dengan nilai yang sama, yaitu 580px.
Untuk lebih jelsnya, silahkan lihat skrinsut kode template inspiration di bawah ini. Perhatikan dengan cermat.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiU2OUJM_ucCvKQ_KmK11cPyYEcVj-G8YaK66eaWn6ggVAQuPmYA-USrgAz3qqT1tkE4Fb1d-dNfKxSA8U96eXn_yQl5lDwLbE0_kxEVVV34GYZbgQqkVHmvvJ7teKmjCxQsqjCQoOc7J4/s1600/untitled.JPG

Sedangkan untuk penempatan iklan unit adsense, adalah sebagai berikut :
  1. Large Rectangle (336 x 280) ditempatkan di atas postingan dan di bawah postingan
  2. Wide Skyscraper (160x600) ditempatkan di sidebar samping.
Jika sudah, silahkan tunggu sambil terus posting, dan lihat perbedaan hasil pendapatan earning anda. (Hasil bisa bervariasi, tergantung bagaimana usaha anda dalam mengoptimasi blog anda)

Untuk melihat hasilnya, silahkan Lihat skrinsut di bawah ini
  1. Blog sebelum di edit, dengan Unit ads melayang (float)
  2. Blog sudah diedit dengan teknik Ads=Wrapper
Share: