Berapa Gaji Spongebob di Krusty Krab?

Selama ini kita sering melihat seorang SpongeBob bekerja sebagai koki di Krusty Krab. Tapi, kami yakin, hanya sedikit dari Anda yang tahu berapa sebenarnya penghasilan SpongeBob di restoran paling hits di Bikini Bottom itu. Pertanyaan ini menjadi penting dan menarik sebab SpongeBob bekerja sebagai anak buah Tuan Krabs yang terkenal kikirnya ngaudubillah setan.

Nah, untuk itulah saya mencoba mengadakan penelitian kuantitatif untuk mencari tahu berapa penghasilan makhluk kuning yang tidak berafiliasi dengan partai beringin ini.



Butuh cukup banyak episode untuk bisa mengetahui berapa gaji SpongeBob di Krusty Krab, sebab memang tak pernah ada adegan saat SpongeBob antre di bank atau kantor pos untuk mengambil gaji. Namun, dari beberapa percakapan sederhana yang pernah diucapkan oleh beberapa karakter pada serial SpongeBob SquarePants, kita bisa melacak perkiraan gaji karyawan di Krusty Krab.

Perkiraan gaji Krusty Krab bisa terlacak lewat dialog “another day, another nickel”. Dialog sederhana ini sedikit memberi tahu kita bahwa gaji satu hari di Krusty Krab adalah satu nickel, yang mana satu nickel nilainya adalah 5 sen (1 dolar = 100 sen).

Jika rate nilai tukar dolar terhadap rupiah hari ini adalah Rp13.299, itu artinya, dalam satu hari gaji di Krusty Krab hanya sekitar 600 rupiah saja.

Bayangkan, pemirsah. Enam ratus rupiah per hari. Kalau di daratan, itu buat beli Royco kecil cuma dapat dua. Buat beli Chitato kudu kerja empat hari dulu. Itu pun dengan syarat belinya dalam bahasa Indonesia, kalau dengan bahasa Inggris, bisa lebih mahal.

Itu masih belum seberapa. Dalam episode One Coarse Meal, SpongeBob malah digaji dengan wacky bucks alias uang mainan yang tidak bisa dibelanjakan. Dan yang bajingan betul, SpongeBob bukannya sedih, tapi malah girang bukan main. Yah, maklum, sebab tujuan Spongebob bekerja memang bukan mencari uang, melainkan menyalurkan passion dan mengejar ridho Illahi.

Nah, pembaca. Dari hasil penelitian sederhana ini, kami berharap, jika suatu saat Anda merasa begitu gagal dengan pekerjaan Anda dan merasa begitu kekurangan dengan gaji yang sudah Anda dapatkan, ingatlah satu nama ini: SpongeBob SquarePants.
Share: