Njenang Abang ala Blogger dan Picassa

Dalam adat jawa, istilah Njenang Abang adalah nama sebuah prosesi ritual memasak jenang merah sebagai syarat ketika seseorang akan mengganti atau menambahi namanya. Ritual ini biasanya dilakukan oleh orang yang namanya dirasa tidak membawa berkah atau hoki, sehingga berniat untuk mengganti atau menambahi namanya dengan harapan nama yang baru bisa memberi keberkahan.

Ritual ini lumrah dilakukan oleh orang jawa, Bahkan seorang tukul Arwana pun pernah Njenang abang untuk menambah namanya (Nama Asli Tukul Arwana adalah Riyanto, waktu kecil tukul tumbuh menjadi remaja yang periang dan humoris, namun sering sakit-sakitan, setelah namanya ditambahi dengan Tukul (menjadi Tukul Riyanto), ia pun mulai jarang sakit-sakitan, setelah itu, iapun kemudian akrab dipanggil dengan nama Tukul).

Hal ini pula yang sedang dilakukan oleh Google untuk mengganti nama dua produk populer mereka, yaitu Blogger dan Picassa (Namun tentu saja tanpa ada hajatan Njenang Abang yang sesungguhnya, karena kata eyang saya, di Amerika nggak ada jenang, adanya Marshmallow)

Google sedang melakukan Rebranding dengan mengubah nama Blogger dan Picassa. Blogger akan diganti namanya menjadi Google Blogs, sedangkan Picassa akan diganti namanya menjadi Google Photos.

Langkah rebranding (baca : Njenang Abang) semacam ini bukan yang pertam kali dilakukan Google. Sebagai contoh setelah mengakuisisi layanan VoIP GrandCentral pada 2007, Google kemudian mengganti namanya menjadi Google Voice pada tahun 2009 saat disediakan untuk publik. Langkah ini dimaksudkan untuk menguatkan merk Google.

Seperti yang sudah kita ketahui, Blogger dibeli Google dari Pyra Labs tahun 2003, sedangkan Picassa adalah hasil akuisisi Google di tahun 2004.
Share: