Nyunyu.com dan kontes blog-nya yang teramat Wagu

Sebenarnya saya ndak ada kepentingan dengan gelaran kontes blog yang diselengarakan oleh Nyunyu.com ini, tapi entah mengapa, saya kok merasa geregetan dengan Si penyelenggara. Apa pasal? Karena kontes Blog Nyunyu.com ini sangat melenceng dari aturan kontes blog pada umumnya.

Beberapa waktu yang lalu, website khas anak muda Nyunyu.com memang diketahui menyelenggarakan sebuah kontes blog. Linknya bisa dilihat di http://www.nyunyu.com/main-article/detail/artikel-berhadiah-lomba-ngeblog-tentang-nyunyu

Yang menjadi titik baku utamanya tentu saja nama "Kontes Blog" itu sendiri, Kontes blog tentu sangat identik dengan yang namanya kontes menulis, sebab kontes blog pada dasarnya adalah kontes menulis yang menggunakan blog. Jadi secara umum, penilaiannya ya dari kualitas tulisan yang diposting di blog itu sendiri.

Namun, dalam kontes blog Nyunyu.com ini, ternyata bukan kualitas tulisan yang dinilai, melainkan nilai SEO-nya.

"Pemenang kontes adalah tiga blog teratas (tentunya nggak termasuk Nyunyu.com dan akun-akun social media-nya) dari hasil pencarian Google ketika mengetikkan kata Nyunyu."

Ya, ini tentu sangat menyesatkan, kalau memang yang dinilai adalah berdasarkan hasil pencarian Google, kenapa Judul kontesnya menggunakan embel-embel "Kontes Blog", dan Bukan "Kontes SEO". Karena berdasarkan seluruh keterangan, yang dinilai benar-benar murni berdasarkan hasil pencarian di Google.

Hal ini tentu memicu banyak reaksi blogger, kebanyakan sih menyayangkan,

http://4.bp.blogspot.com/-RwUx9GZkvCw/UtBawjfY99I/AAAAAAAALiA/Ny0CHwPRbZg/s598/kontes+nyunyu.jpg

Dalam point pertama tentang persyaratan lomba, tertulis sebagai berikut:

Tuliskan testimoni kamu tentang website Nyunyu.com di blog pribadi kamu (kalau belum punya, bikin dulu terus isi dulu dengan tulisan-tulisan kamu yang seru

Tentu sangat ironi, Penyelenggara mewajibkan setiap peserta untuk membuat artikel testimoni yang seru, padahal yang dinilai adalah berdasarkan posisi artikel di Google, lantas untuk apa "keseruan" itu?

Saya jadi kasihan dengan blogger-blogger yang sudah menulis testimoni yang sebagus dan semenarik mungkin, namun karena tidak tau menahu dengan optimasi SEO, maka artikelnya ya terbuang begitu saja. Ndak terbaca sama sekali. Karena memang tidak ada form pendaftaran dalam kontes blog ini. Jadi si penyelenggara hanya melihat peserta dari artikel yang masuk ke hasil pencarian Google itu tadi.

Dan sekali lagi Ya, Kualitas artikel sama sekali tidak dinilai.

Lebih gregetan lagi saat Penyelenggara Kontes dengan entengnya menulis begini:

Share postingan kamu lewat semua social media, sesering mungkin, biar dibaca sebanyak-banyaknya. Makin banyak dibaca, makin kesundul deh tuh blog kamu

http://1.bp.blogspot.com/-IbxFjDAdn5w/UtBaw60uj2I/AAAAAAAALiE/YNEVEZMtjmw/s500/kontes+nyunyu+2.jpg

Heloooo, please deh, Optimasi SEO ndak segampang itu bung. Jumlah share memang mempengaruhi, tapi tidak secara signifikan, karena setahu saya, masih ada unsur Backlink, Authority, SEO Onpage, SEO Offpage, dan masih banyak lagi parameter SEO lainnya yang mungkin hanya diketahui oleh para praktisi SEO.

Memang saya pernah tahu ada beberapa penyelenggara lomba blog yang juga menyertakan hasil pencarian Google sebagai salah satu parameter penilaian disamping penilaian berdasarkan kualitas artikel, tapi mereka jelas mencantumkan nama kontesnya sebagai "Blog & SEO Contest", jadinya jelas dan tidak menyesatkan.

Yah, tapi saya bisa apa? saya kan bukan sponsor yang membiayai kontes ini, jadi yang bisa saya lakukan ya hanya mencibir saja. Toh saya juga ndak akan punya hak untuk mengintervensi @poconggg Cs agar mengganti nama kontes-nya dari Kontes Blog manjadi Kontes SEO.

Tapi yang pasti, Dengan tulisan ini, Saya hanya berharap, Para penyelenggara kontes lainya sesudah ini bisa memahami dan bisa membedakan, Mana Kontes blog, dan mana kontes SEO. Agar tidak menyesatkan blogger yang ndak terlalu mudeng. Itu saja sih..




16 Responses to "Nyunyu.com dan kontes blog-nya yang teramat Wagu"

  1. Halooo

    Perkenalkan nama saya barlieve

    terima kasih banyak atas masukkannya... untuk next kedepan akan lebih di perjelas lagi aturan main dan sistemnya :)

    Pada dasarnya memang dimaksudkan adalah kontes testimonial

    Tetapi dikarenakan bahasa kontes tersebut agak kurang dipahami oleh para pembaca nyunyu yang mayoritas anak anak muda baru bikin blog, jadi kita perhalus.

    namun kita juga tetap melihat dari konten yang dibuat oleh para pengikut kontes ini, tidak hanya melihat siapa yang paling atas berada pada posisi search google :)

    Namun, karena kami baru saja membuat kontes seperti ini, masukan dari mas Agus sangat bermanfaat buat kami, kedepannya segala hal akan dirumuskan dan dijabarkan lebih dalam dan diharapkan tidak membuat miskom lagi

    Sekali lagi terima kasih banyak atas masukkannya

    dan salam kenal

    @Barlieve

    BalasHapus
  2. Iya tuh.. kontesnya nggak jelas. Mungkin juga memang disengaja. Cenderung ingin memanfaatkan ketidak tahuan blogger newbie yang belum tahu SEO dengan memberi tips "Share postingan kamu lewat semua social media, sesering mungkin, biar dibaca sebanyak-banyaknya. Makin banyak dibaca, makin kesundul deh tuh blog kamu".

    BalasHapus
  3. Karena segmen situsnya anak muda, emang harusnya bikin kontes blog yg penilaiannya dari segi kualitas dan kreativitas tulisan, bukan kontes seo.

    BalasHapus
  4. Hmmm bener juga, emang yg salah penyelenggara kang, tapi....

    Lebih buajingan maneh kalo ada penyelenggara kontes seo tp pake embel2 penulisan artikel.

    Lomba blog (artikel) ini subjective sekali, ibarat sea games, cabang olahraga tidak terukur, beda dengan basket, sepak bola, dll yg ada skor nya!!!!

    Oke, mungkin aq bisa memahami ketakutan panitia, misal ada juara 1 tapi konten kosong (bukan tidak mungkin lho di seo) bisa juga juara 1 tapi artikel e acak2 an pake dikau, daku, engkau, dll (pdhal tujuane blogger e ben artikel e ga dicopas, mungkin di edit akhir2).

    Nah inilah problemnya, intinya, antara panitia dan peserta harus selaras, kami sebagai panitia ga mungkin ngasih juara klo artikelnya berantakan.

    Kami sebagai blogger juga ga bingung mau optimasi atau mau nyewa content writer!!!

    So, harus ada kesepahaman, misal, artikel minimal 500 kata, tidak dengan label kontes seo tapi label review, dll. Krena yg paling penting (kalo aq mbayangin jadi panitia) bukan bl nya, tp review2 yg sudah di halaman pertama tdi, itu lebih penting. Pie menurutmu kang?

    BalasHapus
  5. @Barlieve: nah, ini dah dijawab. semoga kedepannya lebih jelas ketentuannya

    BalasHapus
  6. Mudah2an tulisan unek2 ini yg menang, MERDEKA

    BalasHapus
  7. @Diyanugrah:

    pemenang sudah di umumkan :) http://www.nyunyu.com/main-article/detail/pengumuman-pemenang-lomba-ngeblog-tentang-nyunyu-ada-kejutan#comment-1219631070

    silahkan di check :)

    Terima kasih banyak atas masukkannya

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan Komentar anda di Blog Ini