Nonton Musi Triboatton 2016

Entah bagaimana caranya, dan dengan lobi macam apa, saya kok ya bisa-bisanya diundang sama Kementerian Pariwisata jadi salah satu blogger yang berkesempatan buat meliput acara Musi Triboatton 2016 di Palembang. Lha siapa yang ndak girang, bisa berkunjung ke Palembang dan nonton lomba perahu tingkat internasional di sana. Mangkanya, sebelum melanjutkan tulisan ini, izinkan saya buat mengucap syukur kepada Gusti Alloh...

"Alhamdulillah ya Alloh, terima kasih atas rejeki piknik ini"

Oke, lanjut.

Jadi, sekarang, akan saya jelaskan tentang apa itu Musi Triboatton. Jadi, Musi Triboatton merupakan paduan wisata penjelajahan atau penyusuran sungai dengan lomba dayung variatif menggunakan tiga jenis perahu (boat) yaitu; river boat, kayak, dan dragonboat alias perahu naga. Event ini sudah rutin diadakan di Palembang. Tujuannya selain sebagai event olahraga, juga untuk mempromosikan wisata Palembang.

Tak perlu dapat medali dulu biar bisa foto di sini... hahaha

Musi Triboatton 2016 terbagi menjadi beberapa etape, diantaranya adalah Tanjung Raya Kabupaten Empat Lawang, Muara Kelingi (Kabupaten Musirawas), Sekayu (Kabupaten Musi Banyuasin, Banyuasin (Kabupaten Banyuasin), dan finish di Kota Palembang. Lomba ini diikuti oleh banyak peserta baik dari dalam maupun luar negeri, diantaranya adalah China, Macau, Philipina, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Jawa Timur, Jambi, Yonif 133 Padang, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan 1, Sumatera Selatan 2, Jawa Barat, Bangka Belitung dan DKI Jakarta.

Pembukaan Musi Triboatton 2016

Lomba yang telah digelar untuk yang kelima kalinya ini akan diikuti peserta dari berbagai negara dan daerah. Tercatat ada 16 tim dayung yang dipastikan ikut ambil bagian di lomba dayung terbuka ini, antara lain China, Macau, Philipina, Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Jawa Timur, Jambi, Yonif 133 Padang, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan 1, Sumatera Selatan 2, Jawa Barat, Bangka Belitung dan DKI Jakarta.

Persiapan masing-masing kontingen sebelum ke garis start

Kontingen Malaysia sedang pemanasan, itu, ada upin ipin

Di sela-sela lomba, anak-anak numpang mandi

Nah, Untuk kunjungan saya kali ini, saya berkesempatan menyaksikan perlombaan di etape Sekayu di Musi Banyuasin untuk cabang lomba perahu naga.

Diangkut sama tim Sar ke garis start

Musi Triboatton edisi Etape Sekayu ini digelar di Sekayu Waterfront yang merupakan taman kota dan kawasan terbuka hijau yang menghadap langsung ke sungai Musi.

Sekayu Waterfront, tempat berlangsungnya etape Sekayu

Pertandingan di Sekayu Waterfront ini sangat seru dan mengasyikkan, terlebih jika yang bertanding adalah tim lokal Sekayu, karena setiap tim lokal punya pendukung militan masing-masing. Jadi, saat perlombaan dimulai, para penonton akan bersorak sorai memberikan dukungan untuk masing-masing tim yang didukung. Pokoknya sangat judiable dan taruhanable deh.

Jalannya pertandingan, maaf, kameranya jelek, jadi ndak bisa ngezoom lebih jauh

Hasil pertandingan etape Sekayu ini nantinya akan diakumulasi dengan hasil pertandingan di etape-etape berikutnya. Di akhir lomba, Jambi tampil menjadi juara dengan perolehan 3 emas, 5 perak, dan 1 perunggu.
Share: