Sedikit ulasan untuk portal berita Suara.com

Gerak kehidupan manusia yang semakin dinamis membuat kebutuhan manusia akan informasi semakin tinggi, terlebih di dunia yang sudah serba internet seperti sekarang ini, informasi yang cepat dan akurat pun mutlak diperlukan.

Dunia media informasi digital pun tumbuh pesat, tak terkecuali pada segmentasi media internet. Ratusan bahkan ribuan portal berita pun bermunculan bak jamur di musim penghujan. Bahkan media-media cetak dan televisi yang sudah lama eksis pun tak ketinggalan ikut melebarkan sayapnya ke ranah internet dengan membuat portal berita.

Semuanya bersaing untuk bisa menyajikan informasi dan berita dengan cepat, akurat, dan menarik bagi pembaca.



Satu dari sekian banyak portal berita baru yang cukup menyita perhatian adalah Suara.com, Portal berita besutan PT. Mata Media Nusantara ini langsung menyeruak menjadi salah satu portal media terkemuka di Indonesia.



Bayangkan, sejak mulai launching beberapa bulan yang lalu, kini Suara.com sudah menempati rank alexa 4,783 dan menempati peringkat 90 di Indonesia. Jumlah pageviews per harinya pun sudah tembus puluhan ribu per hari. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa untuk sebuah portal berita yang baru seumur jagung.

Berbagai keunggulan Suara.com sebagai Sebuah Portal Berita

Tentu bukan tanpa alasan kenapa Suara.com mampu meraih pencapaian yang luar biasa di usianya yang masih teramat belia, Karena memang Suara.com punya banyak sekali keunggulan sebagai sebuah portal berita online.

Nah, apa sajakah keunggulan dari Suara.com ini?, akan saya kupas satu per satu, berikut ulasannya.

Berita berkelas. Berita di Suara.com sangat nikmat untuk dibaca, karena ditulis dengan singkat, jelas, dan padat tanpa mengurangi esensi berita. Selain itu beritanya juga up to date, sehingga cocok dijadikan sebagai rujukan berita dan informasi.


Tampilan Menarik dan Responsif. Suara.com mempunyai tampilan user interface yang sangat menarik, desain-nya yang simple dengan dominan aksen putih membuatnya nyaman untuk dilihat. Selain itu, template-nya pun responsif, sehingga tampilannya tetap bagus dan proporsional kendatipun dibuka di peranti non PC seperti ponsel atau tablet sekalipun.

Colorful Kanal. Suara.com punya banyak sekali Kanal atau Kategori berita yang bisa dinikmati pembaca. Untuk saat ini, sudah tersedia 8 kanal berita di Suara.com, yaitu News, Bisnis, Bola, Lifestyle, Entertainment, Otomotif, Tekno, dan Multimedia. Delapan kanal berita ini pun masing-masing punya sub-kanal tersendiri, sehingga pembaca pun semakin mudah mengelompokkan berita. Nah, yang membuat Suara.com istimewa adalah, setiap pembagian slot kanal di website, masing-masing dibedakan dengan warna background heading yang berbeda. Misal kanal news punya warna heading merah, kanal bisnis dengan background warna biru, kanal bola dengan background warna hijau, atau kanal entertainment dengan background ungu. Hal ini membuat tampilan web Suara.com menjadi lebih segar dan lebih berwarna.



Open Sans. Alih alih menggunakan font standar seperti arial, georgia, helvetica, maupun verdana. Suara.com justru memilih menggunakan font custom open sans, dan ini adalah pilihan yang baik, karena Open sans adalah font tak berkaki (sans serif) yang dianggap sebagai salah satu font paling nyaman untuk dibaca. Walaupun tak berkaki, namun font ini punya sisi lugas, sehingga selain nyaman, font ini juga jelas dan tegas untuk dilihat. Dan asal tahu saja, font yang didesain oleh Steve Matteson ini oleh Google dianggap sebagai font yang bagus untuk tampilan web maupun mobile interfaces, hal ini pulalah yang mendasari Google untuk menggunakan font ini di beberapa web pages miliknya.

Popular Tag. Suara.com memberikan tag atau label khusus pada berita yang ditayangkan, tujuannya adalah untuk mengelompokkan berita tersebut berdasarkan topik utama, hal ini dimaksudkan agar pembaca mudah untuk mengikuti berita seputar perkembangan kasus atau peristiwa tertentu. Untuk tag yang banyak dilihat, otomatis akan masuk ke widget Popular Tag, widget ini akan menggiring pembaca untuk tahu topik berita apa yang sedang populer (hits) atau sedang ramai diperbincangkan.

Must watch dan Must see this. Kedua halaman ini adalah halaman khusus di Suara.com yang menampilkan berita dengan teknik visual. Jika hampir seluruh berita di Suara.com disajikan dalam bentuk artikel, maka lain halnya dengan Must watch dan Must see this ini. Must Watch adalah berita yang disajikan dalam bentuk video, sedangkan Must See this adalah berita yang disajikan dalam bentuk kumpulan gambar (story in picture). Keduanya membahas tentang hal-hal yang unik dan menarik serta mempunyai sisi human interest yang cukup tinggi.



Lead (teras berita). Ini adalah salah satu poin paling menonjol dari Suara.com yang mungkin tidak disadari oleh banyak orang. Semua berita di Suara.com selalu disertai dengan lead atau teras berita, sehingga memudahkan pembaca untuk lebih memahami isi berita. Perlu diketahui, Lead atau teras berita, adalah tulisan pembuka yang menjadi titik penting bagi pembaca, fungsinya untuk merangsang pembaca untuk lebih jauh membaca, atau untuk merangkum keseluruhan isi. Teras berita sebenarnya sudah jamak dalam dunia jurnalisme, namun biasanya hanya digunakan pada media cetak seperti majalah atau koran, sedangkan untuk portal berita online, rasanya jarang sekali yang menggunakannya, dan bahkan bisa jadi Suara.com adalah salah satu pelopornya, karena setahu saya, belum ada portal berita mayor lain yang menggunakan lead untuk beritanya.

Nah, itulah beberapa keunggulan dari Suara.com yang menurut saya ikut mendongkrak nama dan popularitas Suara.com.

Celah dan Kekurangan Suara.com

Tak ada sesuatu yang sempurna, akan selalu ada cela, termasuk untuk portal berita Suara.com ini. Walaupun mungkin secara tampilan user interface sudah sangat bagus, namun tetap saja ada beberapa kekurangan, terutama yang menyangkut hal-hal teknis.

Berikut ini adalah beberapa kekurangan Suara.com menurut saya yang mungkin bisa dijadikan sebagai pertimbangan kedepannya untuk diperbaiki.

Yang pertama adalah kolom komentar yang letaknya terlalu jauh dengan konten artikel. Letak kolom komentar di Suara.com posisinya jauh di bawah artikel. Kotak komentar justru ditempatkan di bagian paling bawah, kalah dengan tag, tombol share, kolom most read, banner, dan related post. Seolah-olah kotak komentar dianggap tidak begitu penting. Padahal kotak komentar punya peran yang sangat penting, yaitu sebagai ruang interaksi antar pembaca juga sekaligus sebagai media feedback dari pembaca, apalagi, Suara.com menggunakan kotak komentar facebook, sehingga komentar yang masuk juga ikut mempengaruhi jumlah kunjungan. Karena setiap kali ada pembaca yang berkomentar menggunakan facebook, maka secara default, link artikel yang dikomentari pun otomatis akan ter-share ke akun facebook si pemberi komentar.

Saran saya sebaiknya kotak komentar ditempatkan tidak terlalu jauh dengan artikel. Paling tidak di bawah tombol share.

Yang kedua adalah, ketidakcermatan editor dalam pengelompokkan kanal berita. Sempat saya beberapa kali menemukan artikel yang isinya sama sekali tidak cocok dengan kanal beritanya. Contohnya berita di bawah ini



Lihat bagian yang saya lingkari. Disitu terdapat artikel berjudul "Ups, kekasih tahu saat anda pura-pura puas di ranjang". Dan artikel tersebut ternyata masuk ke kanal Tekno. Hal ini tentu sangat tidak cocok, karena setelah saya baca artikelnya, ternyata sama sekali tidak menyangkut tentang dunia teknologi. Harusnya artikel tadi masuk ke Kanal Lifestyle dengan sub-kanal Love & Sex. Saran saya untuk editor agar lebih teliti lagi dalam mengelompokkan berita di Suara.com.

Yang ketiga sekaligus yang terakhir adalah masalah hosting yang masih belum stabil. Sempat beberapa kali Suara.com tak bisa saya buka, hanya muncul peringatan "404 Not Found. Unable to connect to host". Harapannya tentu agar masalah hosting ini bisa cepat ditangani dengan baik oleh tim teknis Suara.com.

Nah, itulah beberapa celah dari Suara.com, Semoga seiring dengan berjalannya waktu, Suara.com akan mampu membenahi diri dan bisa tampil lebih maksimal.

Kritik dan Saran khusus untuk Kanal News dan Bola

Tak bisa dipungkiri, bahwasanya dari banyak kanal di Suara.com, kanal yang banyak dibaca oleh pengunjung adalah Kanal news dan Kanal Bola. Nah, atas dasar itulah saya ingin memberikan saran dan masukan khusus untuk kedua kanal ini.

Kanal News

Seperti yang telah kita ketahui berama, bahwasanya Suara.com punya banyak sekali kanal berita atau Kategori Berita. Dan Kanal news adalah kanal yang paling banyak dibaca. Kanal ini terbagi menjadi 4 sub kanal, masing-masing adalah Nasional, Internasional, Sport, dan Metropolitan.

Kanal News ini menjadi kanal paling laris, karena memang sebagian besar berita terupdate dari Indonesia dan internasional yang berisi berita umum akan masuk ke kanal ini.

Secara konten keseluruhan, saya melihat kanal ini sudah hampir sempurna, karena konten yang disajikan sangat lengkap dan update. Beritanya ditulis dengan ringkas, bernas, dan tajam. Khas Suara.com. Hal ini makin lengkap dengan hadirnya Related Tag dan Popular (Berita terpopuler) yang bisa dilihat di bagian sisi kanan berita utama.

Hanya saja saran dari saya pribadi adalah, Untuk tim redaksi, kalau bisa jangan gunakan gambar ilustrasi yang terlalu vulgar. Jujur saja, Beberapa kali saya menemukan berita di kanal ini yang menggunakan gambar ilustrasi vulgar (misal gambar wanita dengan bra).

Gambar ilustrasi vulgar di Suara.com yang terakhir kali saya lihat adalah pada berita "Hakim Terekam Tengah Telanjang Bulat di Kantor", dalam berita itu, gambar ilustrasi yang ditampilkan adalah gambar bagian wanita yang hanya mengenakan bra sedang berbaring di kasur dengan bagian yang terlihat antara leher sampai perut. Ilustrasi yang menurut saya terlalu vulgar, bahkan untuk sub kanal love & sex sekalipun.

Tentu akan lebih bijak jika menggunakan gambar ilustrasi yang lain, yang lebih etis dan elegan, sungguhpun beritanya berisi tentang sesuatu yang bersifat seksualitas. Karena hal ini saya rasakan cukup menganggu, apalagi jika dibuka di kantor, tentu akan menimbulkan prasangka.

Untuk kanal news, mungkin hanya itu saja masukan dari saya, untuk selebihnya saya rasakan sudah sangat bagus.

Kanal Bola

Selain kanal news, kanal lain yang juga cukup laris di Suara.com adalah Kanal Bola. Seperti namanya, kanal ini berisi berita seputar dunia sepakbola. Mulai dari liga sepakbola eropa, sepak bola nasional, jadwal pertandingan, sampai klasemen.

Dan walaupun kanal ini memang difokuskan pada berita-berita seputar sepakbola, namun ternyata kanal ini tak melulu membahas tentang permainan si kulit bundar di lapangan hijau seperti strategi, prediksi, dan berbagai macam hal teknis sepakbola lainnya. Melainkan juga mengulas aneka informasi menarik sepakbola dari luar lapangan.

Adalah Bolatainment, Sub Kanal dari Kanal Bola yang mengulas tentang sisi lain sepak bola di luar lapangan. Sub kanal ini berisi artikel-artikel feature yang apik yang banyak mengulas human interest dari dunia sepakbola, mulai dari gaya hidup, bisnis, kegiatan sosial, bahkan sampai pemberitaan seputar wanita-wanita di sekitar para pemain maupun pelatih.

Nah, perpaduan berita yang apik dari dalam dan luar lapangan itulah yang membuat Kanal Bola ini menjadi rujukan berita yang menarik bagi para penggemar sepakbola.

Namun menurut saya, ada satu kekurangan besar dalam kanal Bola ini, yaitu pada Sub kanal Klasemen. Informasi klasemen sepakbola di Suara.com ini masih disampaikan dalam halaman web yang dinamis yang terus menerus diganti sepekan sekali. Sangat tidak nyaman. Selain itu tampilan halaman klasemen pun dibuat hanya dengan model text biasa, tanpa dibuat model tabel (atau minimal tab), sangat tidak profesional, sehingga pembaca (terutama pembaca yang masih awam) akan kebingungan dalam membaca klasemen yang ditampilkan.



Saran saya mungkin kedepannya, halaman klasemen di Suara.com bisa ditampilkan dalam halaman tersendiri (statis) yang hanya perlu diupdate setiap pekan. Juga tampilannya dibuat dengan model tabel, sehingga lebih menarik dan lebih mudah dipahami oleh para pembaca. Misal seperti halaman klasemen di bawah ini.



Selain itu, saya juga usul bagaimana seandainya Suara.com membuat sub kanal satu lagi untuk kanal bola, yaitu sub Kanal Siaran Langsung, yang mana isinya adalah jadwal pertandingan sepak bola yang disiarkan di televisi, lengkap dengan channel/stasiun TV dan jam tayangnya baik yang live maupun yang tunda. (cuma saran saja sih). Sehingga diharapkan sub kanal ini nantinya bisa dijadikan rujukan oleh para penggemar sepak bola untuk mengetahui jadwal acara siaran sepakbola di televisi.

Itulah sepatah dua patah uneg-uneg saya terhadap media baru Suara.com. Semoga bisa menjadi masukan yang berarti.

Saya juga berharap, semoga Suara.com bisa menjadi bagian dari kemajuan media informasi nasional yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan berita dan informasi teraktual serta ikut mencerdaskan masyarakat dengan berita-berita informatif dan inspiratif.

Tagline: Cerdas Bernas Berkelas

Share: