Aku dan Pendekar Tidar, Milis dan Kelesuan 2013



Saya masih ingat betul, di medio 2009-2010, milis Pendekar Tidar begitu riuh dan semarak, hampir setiap minggunya, selalu ada saja kabar atau momen yang pantas untuk didiskusikan mengenai komunitas blogger Magelang tercinta ini, mulai dari undangan acara komunitas lain, gathering, informasi seminar, sampai guyonan-guyonan lokal para Bala Tidar yang masih nyrempet-nyrempet ke ranah perbloggeran Magelangan. Dari Milis pula saya ketahui bahwa acara Gethukan (Kopdar) rutin dilaksanakan 2 minggu sekali.

Di tahun 2011, Milis Pendekar Tidar saya rasakan agak berkurang euforianya, rasanya tak semeriah tahun sebelumnya. Tak ada lagi guyonan dan gojegan di Milis, Informasi kegiatan pun minim, bahkan seingat saya, di tahun 2011, hanya ada 3 event yang terlihat mencolok untuk menjadi bahan diskusi, yaitu kumpul blogger ASEAN, puncak Tlatah Bocah, dan acara buka bersama Bala Tidar. Selebihnya, Nihil.

Tahun 2012 malah lebih parah lagi, Milis boleh dikatakan mati suri, Informasi event dan berita bak oase di padang pasir, melegakan tapi susah ditemukan. Tenguk-tenguk antar anggota lebih banyak bisa ditemukan di grup facebook, itupun sangat minim saya rasakan. Bahkan Agenda Gethukan Nihil tak pernah terlaksana. Sungguh benar-benar tahun sekarat bagi Pendekar Tidar menurut saya.

Tapi ternyata, justru di tahun sekarat inilah saya punya kesempatan ikut Gethukan (Kopdar Pendekar Tidar) untuk pertama kalinya, maklum, 2 tahun sebelumnya saya ngrantau ke kota orang jadi baru ada kesempatan ikut Kopdar ya tahun 2012 ini, Gethukan pertama saya itu berlangsung tanggal 17 November 2012, itupun hanya dihadiri 5 orang, yaitu Mas Nanang, mas Nahdhi, Mas Yudha, mbak Dana, dan saya sendiri. Sedikit memang, tapi cukup memuaskan bagi saya, setidaknya itulah kali pertama saya bisa berinteraksi secara offline dengan segenap anggota Pendekar Tidar setelah sekian lama hanya bisa bersua lewat milis atau facebook.

Tahun 2013, saya menyebutnya sebagai tahun yang paling ngenes dan paling lesu, bagaimana tidak, di tahun ini, ada perencanaan agenda Kopdar besar yang rencanananya akan dilangsungkan pada hari Sabtu 19 Januari 2013. Namun ternyata sungguh di luar dugaan, Saya bersama Kang Ivan, kawan bloger satu kampung hanya bisa tetenguk celili, Kami yang dari rumah sudah penuh dengan semangat untuk bisa bertemu dengan kawan-kawan blogger Magelang ternyata hanya disambut dengan rumput Alun-alun kota yang terus bergoyang, tak ada satupun member Pendekar Tidar lain yang hadir pada acara Kopdar tersebut. Gethukan hari itu mungkin justru lebih pantas disebut sebagai Kencan, antara saya, dan Kang Ivan, Duh Gusti...

Yah, mungkin benar adanya apa yang disampaikan Mas Nanang, Di Tahun keempat sejak berdirinya Pendekar Magelang ini, Komunitas Pendekar Tidar ini telah benar-benar berada di Titik Persimpangan, Pendekar Tidar benar-benar dihadapkan pada pilihan: Rapatkan barisan, atau Mati dijilat Kesibukan. Dan tentu saja, hanya segenap Anggota-lah yang harus mengambil pilihan itu.

*Sumber gambar: Ikhsan.web.id
Share: