Anda menguasai atau dikuasai internet ?

Ada sebuah Link menarik tentang kuis Facebook yang masuk ke wall facebook saya, kuis itu berisi kuesioner bertajuk "Anda menguasai atau dikuasai Handphone". Saya pun kemudian iseng mencoba membuat postingan dengan judul yang hampir sama namun dengan substansi yang sangat berbeda, "Anda menguasai atau dikuasai internet?". Menarik bukan? (walau ada sedikit unsur duplikasi)

Coba tanyakan pada seorang perokok bagaimana rasanya saat tidak merokok satu hari saja, tentu jawabanya adalah merasa tersiksa, menderita, susah, dan sejenisnya. Mungkin seperti itulah rasanya bagi seorang yang sudah sangat ketagihan ber-internet alias sudah mencapai titik internet addict, tak ada kejenuhan bagi seorang pecandu internet untuk duduk berjam-jam di depan komputer untuk online entah surfing cari informasi, chatting, atau sekedar bersua di facebook dan twitter. Rasanya menyenangkan.

Lain halnya dengan seseorang yang bukan pecandu internet, mereka dengan santainya hidup normal tanpa terlalu memikirkan kecepatan koneksi internet di warnet-warnet terdekat. Mereka akan merasa jenuh saat dipaksa ber-internet-ria selama berjam-jam. Mungkin mereka berkata dalam benak mereka, "Ini Dunia nyata bung, persetan dengan facebook dan sebangsanya, yang penting saya tetap bisa berinterakasi dengan sesama di dunia nyata!"

Disinilah kemudian muncul istilah menguasai atau dikuasai internet. lalu apa pemisah antara keduanya?, tentu saja ada. Menguasi dan dikuasai mempunyai kata dasar yang sama, yaitu Kuasa, dalam kamus besar bahasa Indonesia, Kuasa berarti wewenang atas sesuatu atau untuk menentukan (memerintah, mewakili, mengurus, dsb). Dalam bahasan ini, kata 'Kuasa' lebih menjurus kepada arti memerintah. jadi batasan menguasi dan dikuasai internet adalah bagaimana sikap kita dalam memerintah internet itu sendiri secara mutlak dan absolut.

Jadi Bisa disimpulkan bahwa arti menguasai internet adalah mampu memerintah (mengoperasikan, menjalankan, mengatur) internet tanpa terpengaruh oleh internet dan tak ada ketergantungan. Sedangkan dikuasai internet adalah mampu memerintah (mengoperasikan, menjalankan, mengatur) internet namun tetap tergantung dengan Internet dan merasa tak bisa terpisahkan dengan internet.

Jujur, saya sendiri masih bingung saya berada di posisi menguasai atau dikuasai internet. Karena memang saya sendiri kadang bisa menguasai, namun di lain waktu, saya juga dikuasai oleh internet. Dalam artian mudahnya, saya menguasai dan dikuasai internet. Lalu, berada di manakah posisi anda? menguasai, dikuasai, atau menguasai dan dikuasai?




3 Responses to "Anda menguasai atau dikuasai internet ?"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberikan Komentar anda di Blog Ini