Membuat template Blogspot sendiri

Untuk para pengguna blogspot, mungkin sudah dimanjakan dengan situs-situs penyedia template gratis seperti freeblogspottemplate, btemplates, zoomtemplate, blogtemplate4u, dan sebangsanya yang menyediakan ribuan template gratis untuk digunakan di blog kita. Namun terkadang, di antara ribuan template yang disediakan itu, tidak ada satupun yang cocok dengan keinginan kita, sehingga mau nggak mau kita harus membuat template sendiri.

Tapi usut punya usut, ternyata membuat template sendiri bukan perkara yang mudah. Banyak blogger (apalagi yang masih baru) yang tak bisa membuat template sendiri. Dan untuk itulah saya membuat postingan ini, tujuan saya membuat postingan ini adalah memberikan sedikit panduan untuk membuat template sendiri. Namun saya tak akan menjelaskanya secara detail, karena akan sangat panjang.

Oke, langsung saja ya. Pada dasarnya, ada 4 metode yang bisa digunakan untuk membuat sebuah template. Yaitu metode designer, generator, change code dan advance.

Metode Designer, Membuat template dengan metode ini bisa jadi adalah cara yang paling mudah untuk membuat template. Kita bisa membuat template sendiri dengan fasilitas Template Designer yang memang sudah disediakan langsung oleh blogger. Untuk menggunakanya, Kalian bisa masuk ke menu Rancangan, kemudian masuk ke menu template designer. Di sana kalian bisa mengubah warna background, font, border, header, ukuran, serta model template yang ingin digunakan.




Metode generator, Cara ini juga masih termasuk mudah untuk para blogger. Kalian bisa membuat template blogger dengan menggunakan template generator. Dengan template generator, kalian bisa membuat Template dinamis secara instan tanpa harus menguasai bahasa pemrograman seperti HTML, XML dan CSS. Silahkan Klik Disini untuk melihat daftar situs yang menyediakan jasa template generator secara gratis.

Metode Change Code, Metode inilah yang paling banyak dipake oleh para blogger. Untuk bisa menggunakan cara ini, anda harus memahami bahasa pemrograman seperti HTML, XML dan CSS. Caranya adalah dengan mengubah code html template yang sudah kita gunakan dengan kode kita sendiri. Intinya adalah dengan mengubah model, header, menu, dan unsur-unsur lainya dengan mengubah kode html-nya.

Metode Advance, Metode inilah yang saya sebut sebagai cara paling sulit. Hanya blogger yang sudah benar-benar menghafal dan memahami kode html yang bisa melakukanya(terus terang saya sendiri belum mampu untuk membuat template dengan metode ini). Membuat template dengan metode ini caranya adalah dengan menyusun sendiri code template mulai dari header, body, outer-wrapper, footer, sidebar, sampai kode-kode sekunder seperti font, colour, margin, dsb. Metode ini biasanya digunakan oleh para template converter dan template maker kelas wahid.

Itulah 4 metode yang bisa digunakan untuk membuat template. Anda bisa memilih mau memakai metode yang mana, silahkan disesuaikan dengan kemampuan anda.
Share: